Tempat Wisata Pulau Sempu di Malang

Pantai  Sendang Biru Malang | Tempat Wisata di Malang
Foto : Pantai  Sendang Biru Malang
Wisata di Malang - Tempat Wisata Pulau Sempu atau Segara Anakan di Malang memang belum banyak diketahui oleh wisatawan, bahkan mungkin nama tempat wisata pulau sempu masih sangat asing di telinga wisatawan sekalian. Namun, bagi kamu-kamu yang berkunjung ke kota Malang baru-baru ini, maka nama pulau sempu tidak akan asing lagi. Karena tempat wisata pulau sempu di malang akhir-akhir ini telah menjadi primadona baru tempat wisata di kota Malang. Pulau Sempu merupakan sebuah laguna yang tersembunyi yang berada dibelakang sebuah tebing diseberang pantai Sendang Biru Malang. Tempat wisata di malang yang sangat eksotik ini menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona. Penasaran dengan pulau sempu malang?

Pulau Sempu Malang merupakan Pantai berpasir putih yang menawan, air yang jernih berwarna biru yang sangat mempesona, ditambah ribuan ekor ikan kecil-kecil berenang kesana-kemari dan disempuranakan dengan keeksotikan bukit-bukit hijau yang mengelilingi pantai ini seakan-akan mejadikan pantai bak surga dunia. Untuk dapat mencapai lokasi tempat wisata di malang ini, wisatawan harus mempersiapkan diri serta tenaga untuk menghadapi perjalanan yang panjang dan melelahkan. Perjalanan awal tim gallery wisata di mulai dari pusat kota Malang, jarak yang akan ditempuh yakni sekitar 2-3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan sewa. Untuk kendaraan sewa, anda hanya cukup membayar Rp 400.000,- dengan kapasitas 7 penumpang + 1 Supir (PP/Pulang-Pergi).

Tempat dan Objek Wisata di Malang - Jika anda hanya ingin menikmati keindahan tempat wisata pulau Sempu hanya dalam sehari, maka lakukanlah perjalanan anda mulai dari pukul 03.00 atau pukul 04.00 dinihari, tujuannya agar anda bisa lebih lama untuk menikmati keindahan pulau sempu malang dan juga tidak kemalaman saat pulang. Perjalanan selama 3 jam yang anda tempuh tersebut tidak akan anda rasakan, karena selama perjalanan Anda akan terbuai akan keindahan kota Malang. Mulai dari pasar tradisional, pohon-pohon jati yang tumbuh subur di kanan-kiri perjalanan, desa yang masih sangat sepi hingga bukit-bukit yang sangat mempesona. Sangat disarankan untuk anda agar membawa minuman dan makanan karena di area tempat wisata  Pulau Sempu tidak akan anda temui penjual makanan dan minuman.

Wisata di Malang - Perjalanan selama lebih kurang 3 jam anda akan berhenti disebuah pantai, yaitu pantai Sendang Biru Malang. Tiket sekali masuk di pantai sendang biru dipatok dengan biaya sebesar Rp 5.000 perorangnya. Di lokasi wisata Pantai Sendang Biru ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan perahu-perahu yang tertata rapi di sepanjang bibir pantai maupun yang terapung-apung di tengah lautan. Selain itu, anda juga dapat menyaksikan beberapa nelayan yang sedang memperbaiki ataupun membuat perahu baru. Perahu-perahu tersebut digunakan oleh para nelayan untuk mencari ikan dan juga digunakan sebagai alat penyeberangan bagi anda-anda yang ingin menikmati keeksotikan tempat wisata pulau sempu.

Jika anda ingin menyebrang dan menikmati keindahan Tempat Wisata Pulau Sempu atau Segara Anakan maka anda harus meminta izin terlebih dahulu di Resort Konservasi Wilayah Pulau Sempu, lokasi resortnya tidak begitu jauh dari tempat penitipan kendaraan. Biaya untuk mengurus surat izin perjalanan ke pulau sempu sebesar Rp 20.000,- untuk satu kali jalan. Bagi anda yang baru pertama kali mengunjunggi pulau sempu, sangat disarankan untuk menyewa seorang pemandu wisata atau Guide yang akan menuntun hingga ke Segara Anakan/Pulau Sempu. Biaya jasa untuk seorang Guide (PP) yakni dimulai dari Rp 70.000,- hingga Rp 100.000,-.

Pulau Sempu Malang | Tempat Wisata di Malang
Foto ; Pulau Sempu Malang
Sembari memproses surat perizinan, biasanya kepala bagian perizinan akan sedikit memberikan saran serta gambaran tentang pulau sempu. Setelah mendapatkan izin, maka anda baru bisa menyewa sebuah perahu dengan biaya pulang pergi sebesar Rp 100.000,-. Perahu ini berkapasitas 10-12 penumpang. Jadi jika anda ingin lebih hemat maka anda bisa mencari penumpang lain yang ingin melakukan penyeberangan juga. Lama perjalanan antara Pantai Sendang Biru-Pulau Sempu adalah sekitar 15-20 menit. Selama perjalanan anda akan disuguhi dengan panorama yang sangat asri dan menakjubkan.

Selama dalam perjalanan ke pulau sempu biasanya pemilik perahu akan memberitahukan mengenai jam penjemputan yang tidak boleh melebihi pukul 17.00 sore. Jika lewat dari jam yang telah ditentukan maka akan anda akan dikenakan tambahan biaya lagi. Mintalah nomor telpon pemilik perahu tersebut, barangkali beliau memiliki anak gadis yang cantik. Hehehe... yang jelas untuk mempermudah komunikasi dengan beliau ketika senja mulai tiba. Nah, dari tempat wisata pulau Sempu inilah perjalanan panjang kedua anda dimulai. Anda akan menempuh perjalanan sepanjang 10-15 km atau dengan waktu 2-3 jam perjalanan. Perjalanan ini akan lebih lama apabila anda datang disaat musim hujan, karena jalanannya akan berubah menjadi becek dan berlumpur.

Trekking menyusuri hutan di pulau Sempu ini sangatlah menantang, terutama bagi anda para pecinta alam. Meskipun telah terdapat rute perjalanan, namun sangat disarankan untuk tetap mengikuti arahan dari Guide atau yang telah berpengalaman dan lebih mengenal pulau tersebut. Sangat disarankan juga untuk tidak berpisah dari rombongan, karena hutan di pulau sempu ini masih sangat alami jadi ditakutkan akan tersesat nantinya.

Baca Juga : Umbul Sidomukti Semarang | Tempat Romantis di Semarang

Terdapat berbagai jenis kegiatan yang dapat anda lakukan ketika beraa di lokasi tempat wisata pulau sempu atau pantai Segara Anakan ini, diantaranya: Berenang, Memancing,Berkemah ataupun hanya sekedar menikmati keindahan panorama yang disuguhkan oleh pulau sempu malang.

Hanya sekedar mengingatkan, sangatlah wajib bagi para pengujung sekalian untuk tetap menjaga kebersihan dialam sekitar Tempat Wisata Konservasi ini. Jangan pernah meninggalkan apapun di area tempat wisata terutama sampah. Bawalah kembali sampah-sampah plastik snack maupun botol soft drink bawaan anda. Selain itu sangat ditekankan untuk tidak merusak apapun yang ada di dalam ekosistem alam tersebut.

Perjalanan yang ditempuh memang cukup panjang, oleh karena itu anda hanya diberikan sedikit waktu yakni sekitar 1,5 sampai 2 jam untuk menikmati keindahan destinasi wisata pulau sempu malang. Meskipun demikian, pengalaman dan keindahan yang anda dapatkan di pulau sempu malang ini tidak akan bisa anda lupakan.
Yah, usai sudah ulasan seputar tempat wisata di malang. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi review tujuan wisata akhir pekan anda. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tempat Wisata Pulau Sempu di Malang"

Post a Comment